Mempersembahkan Tubuh

MEMPERSEMBAHKAN
TUBUH YANG SEHAT DAN KUDUS SEBAGAI IBADAH

Roma 12:1-2
“Karena itu, saudara-saudara, demi kemurahan Allah aku menasihatkan kamu, supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup, yang kudus dan yang berkenan kepada Allah; itu adalah ibadahmu yang sejati”.


Pendahuluan:
Ayat-ayat ini memberikan gambaran kepada kita Allah sangat berkenan dengan tubuh yang sehat. Allah menciptakan tubuh-tubuh yang sehat guna melayani Dia. Namun pada kenyataannya ada banyak hal terjadi dalam kehidupan manusia. Pelayanan kepada Allah menjadi terhambat, persembahan kepada Tuhan tidak kudus lagi dikarenakan kondisi tubuh yang tidak sehat dan tidak sebagaimana semestinya.
Rasul Paulus ingin menjelaskan bagaimana tubuh kita menjadi sehat dan kudus sehingga bisa dipakai untuk kemuliaan Allah. Kesehatan seseorang dipengaruhi oleh banyak faktor yang terjadi disekitar hidupnya juga apa yang dilakukannya.

Isi Kotbah:
Perhatikan Roma 12: 2, “Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah” ada beberapa indikasi yang dapat dipakai sebagai acuan bagaimana tubuh menjadi sehat, kudus dan berkenan kepada Allah. Kesehatan tubuh dan kekudusan tubuh kita dipenagruhi 3 hal saja. Ketiga hal tersebut adalah:

1. Pola pikir dan hati.
Seberapa pentingkah pola pikir dan hati kita mempengaruhi kesehatan kita? Berubahlah oleh pembaharuan Budi. Ini berbicara tentang pola pikir dan hati kita. Kehidupan kesehatan kita banyak dipengaruhi oleh pola pikir dan hati kita.
Apa yang ada di dalam hati dan pikiran kita, akan menyebabkan seluruh kondisi tubuh kita. Pikiran kita merupakan pusat kendali tubuh kita. Semua aktifitas tubuh baik yang kelihatan maupun yang ada di dalam tubuh dikendalikan oleh pikiran (otak kita).
Beberapa penyakit disebabkan oleh pola pikir yang salah:
a. Ganguan pencernakan.
• Maag seringkali penyebabnya adalah pola pikir kita, yaitu terlalu kuatir yang berlebihan.
• Diare.
• BAB tidak lancar.
b. Penyakit jiwa.
• Penyebab stres karena pola pikir yang salah.
c. Pola pikir juga seringkali menjadi penyebab kegagalan-kegagalan. Contoh: ketika anda bangun pagi kemudian dalam pikiran anda sudah diisi dengan sesuatu yang negatif maka tindakan, perkataan, pekerjaan menjadi imbasnya. Hati-hati dengan pola pikir kita. Ada sebuah penelitian yang mengatakan ketika seseorang begitu bangun pagi langsung tersenyum dan bersyukur menjadikan mood kita baik luar biasa. Hidup jadi tercemar ketika pikiran diisi dengan segala kecemaran.
Baca Amsal 4:23 “jagalah hatimu .... terpancar kehidupan” Sehat dan tidaknya hidup seseorang dapat dilihat dari hati dan pola pikir mereka. Lalu isi pikiran kita dengan Filipi 4:8.

2. Pola Makan.
“Membedakan kehendak Allah, yang baik dan yang berkenan kepada Allah”. Banyak orang Kristen tidak adil. Mengapa itu bisa terjadi karena mereka tidak bisa membedakan kehendak Allah yang baik dan yang berkenan kepada Allah.
Mungkin anda bertanya apa hubungan antara membedakan kehendak Allah dengan pola makan.
a. Banyak orang percaya belum bisa membedakan mana kebutuhan mana keinginan. Makan itu bukan keinginan tetapi kebutuhan. Ketika makan sudah menjadi sebuah keinginan yang tidak bisa dibendung berarti itu merupakan kesalahan. Artinya makan sudah bukan lagi untuk kebutuhan supaya kita hidup melainkan hidup untuk makan.
b. Pola makan yang salah menyebabkan cepat mati.
Ada sebuah penelitian yang dilakukan di Okinawa. Saya pernah membaca hal ini. Di Okinawa menurut survei penduduknya lebih panjang umur dibandingkan dengan daerah-daerah lain di Jepang. Setelah diselidiki ternyata para penduduk Okinawa ketika mereka makan, mereka hanya kenyang tidak sampai 100% tetapi hanya 80%.
c. Pola makan penyebab berbagai macam penyakit.
Bagaimana dengan pola makan yang tidak benar? Sebanarnya pola makan menyebabkan berbagai macam penyakit.
Contoh:
1). Diabetes militus
2). Hipertensi
3). Stroke
4). Jantung
5). Asam urat.
6). Obesitas.
Dll. Penyakit-penyakit ini disebabkan pola makan yang berlebihan. Banyak orang kristen berkata, merokok, minum minuman yang mengandung alkohol sampai mabuk, narkoba merupakan bunuh diri secara pelan-pelan. Bukankah sebenarnya pola makan yang berlbihan juga merupakan bunuh diri secara perlahan-lahan. Ada orang berkata; ah kan sudah di doakan dalam Nama Yesus semua sakit pergi. Persoalannya adalah Firamn Allah juga berkata: “Jangan engkau mencobai Tuhan Allahmu.”

3. Pola hidup.
“Tidak Menjadi serupa dengan dunia” Firman Allah dengan sangat jelas melarang orang percaya untuk tidak serupa dengan dunia. Apakah yang dimaksud dengan dunia? Ada beberapa ayat yang perlu kita baca.
a. Galatia 1:4
b. Efesus 2:2
c. Yakobus 4:4
d. 1 Yohanes 2:16 Pola hidup sama dengan gaya hidup. Artinya ini berbicara tentang kehidupan yang kita jalani.
Pola hidup yang salah penyebab persembahan tidak berkenan kepada Allah.

/>

Tidak ada komentar: