KDC

Gereja Yang Deigerakkan Visi Kerajaan Allah

Pendahuluan:
Kerajaan Allah adalah suatu sistem pemerintahan Allah, baik yang ada di sorga maupun di bumi, sedangkan gereja adalah kantor cabang (representative office) dari Kerajaan Allah yang ada di muka bumi. Yesus memberi tahu bahwa satu kerinduan yang belum terlaksana ketika Ia kembali ke sorga. adalah mendirikan Kerajaan Allah di muka bumi. Inilah tugas utama gereja di akhir zaman.



Isi Khotbah
Gereja yang digerakkan oleh visi Kerajaan Allah adalah Gereja yang bergerak keluar, Gereja yang mengubah komunitas dan Menerpakan nilai-nilai Kerajaan Allah dalam setiap aspek kehidupan.
Mari kita melihat satu-persatu.

1. Gereja yang bergerak keluar (Matius 28:19-20).
Banyak gereja dewasa ini hanya terkurung dalam 4 sisi tembok. Tuhan dengan jelas memerintahkan kepada gereja-Nya untuk keluar dan menjangkau dunia. Pastor Sunday Adelaja dalam pengalamannya di Ukraina berkata; saat kita peduli dengan orang-orang yang paling hina Matius 7:21-23 maka Allah akan memberikan kepercayaan kepada gereja-Nya untuk menjangkau yang lain. Namun yang menyedihkan adalah bahwa kita seringkali "memenjarakan" konsep pelayanan dalam simbol-simbol ritual formal yang kosong. Bagi kebanyakan orang Kristen, pelayanan bagi Kristus berarti rajin ke gereja, memberikan persembahan rutin (dan banyak?), menjadi pemimpin pujian, paduan suara, dan bahkan berkhotbah. Itu semua penting, namun belum utuh menggambarkan pelayanan Kristen sejati. Ada banyak orang yang sangat membutuhkan.

2. Gereja yang mengubah komunitas (Mat 5:13-16).
Gereja seharusnya diharapkan dapat menjalankan fungsinya sebagai garam dan terang (memberi dampak) bagi anggotanya, komunitas sekitarnya, bangsa dan dunia untuk menghadirkan damai dan sejahtera (jasmani, jiwani dan rohani) (Shallom).
Contoh mengubah komunitas adalah:
Berbicara tentang komunitas ini tidak berbicara tentang KKA, tetapi ini berbicara tentang tugas dan panggilan kita. Dimana Allah memanggil dan menempatkan kita tidak secara kebertulan.

3. Gereja yang menerapkan nilai-nilai Kerajaan Allah
Nilai-nilai Kerajaan Allah harus diterapkan dalam dunia kerja kita, dalam hubungan denga sesama, baik di dalam keluarga, gereja maupun masyarakat. Pdt. Ir Wiryohadi ada 7 pilar kehidupan yang harus dikuasai. Dengan cara menerapkan nilai-nilai Kerajaan Allah. Ketujuh pilar tersebut adalah:
a. Pilar. Spiritual and Sosial.
b. Pilar Keluarga
c. Pilar Bisnis
d. Pilar pendidikan
e. Pemerintahan dan politik
f. Seni, olahraga dan pertunjukkan.
g. Media.

Kesimpulan:
Gereja yang digerakkan oleh visi Kerajaan Allah adalah gereja yang memenuhi amanat Agung Tuhan, mengubah komunitas dan menerapkan nilai-nilai Kerajaan Allah dalam seluruh aspek hidup manusia.



Pdt. Budiono, M.Th

/>

Tidak ada komentar: