PERUBAHAN YANG DIPERKENAN ALLAH


Roma 12:2


Pendahuluan:
Beberapa orang menginginkan perubahan terjadi pada lingkungan atau orang-orang di sekitarnya. Pada kenyataannya adalah bahwa tidak ada manusia yang sempurna sehingga ia tidak perlu lagi berubah. Tetapi sejak semula Allah telah menciptakan manusia dengan sempurna.

Isi Khotbah:
Ada beberapa perubahan hidup yang perlu kita lakukan, yakni:

1. Mengubah hal-hal yang dapat dirubah, yaitu:
a. Perkataan
Perkataan yang sia-sia, yang tidak membangun, menyakitkan, menyudutkan, menghakimi dan lain-lain, hanya akan memperkeruh suasana dan menambahi masalah. (Amsal 18:21; Amsal 15:1).
b. Sifat Buruk
Beberapa sifat buruk yang harus terus kita perangi, antara lain: Sikap yang egois (Amsal 18:12), iri hati (Amsal 14:30b), suka berselisih dan menyalahkan orang lain (1 Korintus 3:3), kedengkian (1 Timotius 6:4), pemarah (Amsal 15:18), mudah menyerah, mudah tersinggung, khawatir (Amsal 12:25a).
c. Cara Berpikir yang Salah
Pikiran yang sia-sia, pikiran negatif, mudah cemas, takut, gelisah dan lain-lain (Roma 8:5). Pikiran kita harus diselaraskan dengan cara Allah, yaitu dengan membaca dan merenungkan FirmanNya (Mazmur 119:11; Filipi 4:8).

2. Mensyukuri hal-hal yang tidak dapat diubah:
a). Keadaan
Kita tidak dapat mengubah keadaan yang sedang terjadi.
b). Masa Lalu
Kita tidak dapat mengubah masa lalu. Rasul Paulus mengingatkan supaya kita melupakan semua yang kurang baik (Filipi 3:13b). Ingatlah, bahwa rancangan Tuhan selalu baik bagi kita (Ams. 23:18).

Kesimpulan:
Dengan memegang Firman Allah, kita dapat membedakan mana yang buruk dan yang baik, dan kita dapat menguji segala sesuatu, apakah yang baik dan apakah yang berkenan bagi Allah untuk kita lakukan. Tuhan memberkati!


Pdt. Budiono, S.PAK

/>

Tidak ada komentar: